Bagaimana Cara Memperkenalkan Thrift Store Pada Publik?

thrift store

Thrift store merupakan bisnis kekinian yang sangat tepat untuk saat ini. Sebab, bisnis ini tidak memerlukan modal awal yang besar tapi mampu menghasilkan keuntungan dalam jumlah cukup banyak.

Apa sih yang dimaksud bisnis thrift store?

Sesuai namanya, thrift bisa diartikan penghematan atau cara dalam penggunaan uang untuk menghindari pemborosan dan store berarti toko. Dengan kata lain, bisnis iniadalah toko penghematan yang menjual barang-barang bekas dari luar maupun dalam negeri.

Perdagangan barang bekas mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 2013 silam. Dimulai dari barang langka hingga barang dengan merek terkenal dan mendunia. Namun, dalam bisnis barang bekas, apapun barang dan mereknya, selama berkondisi baik dan layak, maka tetap bisa diperjualbelikan.

Jenis produk thrift store

Sebenarnya ada banyak sekali macam produk yang bisa diperjualbelikan. Namun, barang-barang berikut ini yang paling umum dijual dalam bisnis ini.

  • Pakaian

Pakaian bekas seringkali menjadi pilihan utama para pelaku bisnis barang bekas. Pasalnya, jenis ini memiliki banyak kategori mulai dari kemeja, celana, hingga jaket. Namun yang perlu digarisbawahi adalah semakin bagus nama brand, maka semakin tinggi pula nilai jual yang didapat meski tergolong barang bekas.

  • Tas

Tak hanya pakaian, tas juga sering diperjualbelikan dalam bisnis satu ini. Semakin bagus dan terkenal nama brand yang dijual, maka semakin tinggi pula nilainya. Namun, kembali lagi ke target pasar yang telah Anda tetapkan.

  • Sepatu

Tak sedikit juga toko barang bekasyang menjual benda satu ini. Terutama sepatu-sepatu langka atau limited edition yang memang jarang ada di pasaran. Bahkan, tak menutup kemungkinan Anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi jika masih lengkap dengan kardus atau nota pembeliannya.

Mengapa harus thrift store?

  1. Tidak membutuhkan modal besar, tapi untung yang didapat cukup besar

Perlu Anda ketahui, pakaian bekas yang umumnya dijual di thrift store didapatkan dengan harga hanya Rp 1 juta per karung. Dalam satu karung tersebut Anda bisa mendapatkan 50 – 100 pakaian secara acak. Pakaian tersebut bisa dijual dengan harga Rp 25 ribu – Rp 150 ribu per potong.

Apabila Anda membeli satu karung dengan harga Rp 1 juta dan mendapat 50 pakaian, kemudian dijual kembali dengan harga Rp 50 ribu, maka modal Anda akan kembali disertai untung sebesar Rp 2,5 juta.

  • Bisnis kekinian

Meski termasuk bisnis baru, tapi bisnis barang bekassudah menjadi tren masa kini. Apalagi bagi mereka yang suka membeli barang-barang bekas. Pakaian dan sepatu sudah bukan sekadar kebutuhan sekunder tapi telah menjadi bagian dari gaya hidup mereka.

  • Memiliki pasarnya sendiri

Ketika memulai bisnis ini, Anda perlu mengetahui bahwa penjualan produk seperti ini sangat populer di kalangan remaja dan dewasa muda. Namun, Anda tak perlu khawatir.

Pasalnya, berdasarkan penelitian Jurnal Riset Tindakan Indonesia disimpulkan bahwa perilaku konsumtif justru rawan dialami oleh usia remaja. Hal ini terjadi karena masa transisi yang mereka alami dari kecil menuju dewasa. Ditambah lagi, di Indonesia penduduk dewasa muda merupakan jumlah yang terbanyak.

  • Banyak platform

Saat ini banyak sekali platform online yang memfasilitasi bisnis jual beli barang bekas. Dengan demikian, Anda tak perlu bingung jika ingin memulai bisnis satu ini. Cukup tuliskan saja kata kunci secondhand atau preloved, maka situs yang menjual barang bekas akan muncul di hasil pencarian.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial yang semakin marak digunakan sebagai media digital marketing. Beri konten menarik yang sesekali menampilkan tentang company profile bisnis Anda agar konsumen semakin yakin untuk membeli barang tersebut.

Melalui company profile yang jelas dan terpercaya, dijamin akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli barang-barang bekas di toko Anda. Tak perlu membuat company profile yang terlalu rumit layaknya perusahaan besar. Anda cukup mencantumkan beberapa informasi tentang bagaimana proses penyortiran barang, hingga keterangan harga tiap produk.

Tak hanya media sosial, tapi Anda juga bisa membuat semacam web company profile agar bisnis barang bekasyang Anda jalankan semakin tampak profesional. Konsumen pun tak akan ragu untuk berbelanja di toko Anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai bisnis thrift store yang bisa Anda coba geluti. Bisnis satu ini bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang memang ingin berbisnis dengan modal minim. Jadi, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *